menu

clock

Minggu, 18 Maret 2012

Oprek SE Experia X10 mini

Tutorial Flash, Root, Root Explorer, xRecovery&CWM Recovery, ROM untuk Robyn



“The X10 mini a.k.a Robyn, there small but POWERFULL”


Oke, disini ane mau ngejelasin tutorial oprek si Robyn ini :

1. Flash : upgrade ataupun downgrade
2. Root : Penting dilakukan, kalo mw ngubah atawa ngoprek2 system. (seperti jailbreak pada iphone)
3. Root Explorer : Agar dapat masuk ke system. (seperti file explorer di windows)
4. xRecovery & CWM Recovery : Agar dapat backup n restore system setting dan system data. (seperti bios pada pc, namun kita dapat menyimpan settingan operating systemnya) backup n restore os/fw.
5. ROM : Merupakan os/fw ilegal, yang dapat mengupgrade dari eclair menjadi floyo or gigglebread.


1. Flash

OS bawaan Robyn yaitu 1.6 alias Donut, tapi agan bisa upgrade resmi lewat online ataupun offline ke 2.1 alias Eclair.

Untuk upgrade secara online :
1. Siapkan software PC Companion (ada di CD pembelian atau bisa download disini), bisa juga menggunakan Sony Ericsson Update Service a.k.a SEUS, bisa di download disini)
2.
Conect hp ke pc
3. Buka pc companionnya, masuk ke support zone>start
4. Update software>start
5. Ikuti langkah2nya
6. Tungguin, n finish!

Untuk upgrade secara offline menggunakan flashtool:
1. Download Flashtool disini
2. Extract flash tool-nya (misal c:\flash tool), lalu extract firmware android 2.1 nya ke folder firmwares yang ada di folder flash tool (misal c:\flash tool\firmwares).
3. Jalankan program x10flashtool.exe, lalu klik tombol flash --> ok
terus ikutin aja perintahnya.
4. Kalo udah beres, selamat robyn agan telah terupgrade jadi eclair.
Agan-agan juga bisa nge-root si robyn dengan flash tool dengan cara nge-klik tombol root nya.

2. Root

Pengalaman ane nge-root paling simpel untuk robyn ane menggunakan Super One Click a.k.a. SOC, walaupun masih ada cara-cara yang lainnya. Tapi disini ane cuma mau ngebahas cara root pake SOC. Langsung aja....

1. Siapkan kopi + rokok (penting nih, hehehe...)
2. Baca doa (ini langkah awal agan ngoprek)
3. Download SOC disini
4. Extract SOC di komputer agan trus jalankan.
5. Di HH a.k.a Hape agan buka Setting --> Application --> Unknown Sources dicentang trus ke Development --> USB Debugging dicentang, Stay awake juga dicentang. Trus tekan back, sampe ke Home Screen
6. Jalankan SOC yang agan download tadi, klik ROOT
7. Sampai ada tulisan “waiting device”, baru colok hh agan
8.
Kalo ada notifikasi, pencet tombol back ato didiemin aja.
9. Tungguin sampe selesai.

*tandanya udah berhasil root, ada gambar android tengkorak warna hitam. Tulisannya super user.

Kalo gagal, coba ikutin tutor disini


3. Root Explorer

Cara menginstal Root Explorer sama kayak insatal apk yang lainnya.
Silahkan download Root Explorer 2.2 disini.

4. xrecovery & CWM Recovery

ada dua jenis recovery yg mau ane jelasin disini, masing-masing berbeda penggunaanya saat agan mau custom rom. Lanjut aja deh (udah ngantuk nih...)

- xrecovery :

1. Download xrecovery disini (password : zedcool)
2. 1. X10mini root n superuser --> ok
3. Install root explorer --> ok
4. Install titanium backup --> ok (tanpa busybox)
5. Extrak file pada minisd card x10mini (nama file busybox,chargemon,xrecovery)
6. Gunakan root explorer, n pindahkan ke sistem/bin (jangan lupa mount r/w) r/w : Read/write n r/o : Read/only
7. set permission, centang semua (klik agak lama pada ketiga file tsb, pilih permission)
8. Keluar, mati'in hapenya.
9. Nyalain lagi, pas keluar tulisan sony ericsson warna putih pencet aja sembarang tombol 1-10x gan. (biasanya sih tombol "back" <-- kalo berhasil pencet 1x aja dah masuk menu xrecovery

Kalo agan belom berhasil juga, kita coba cara yang kedua :
1. Download disini. Extract file jadi folder aais
2. Copas ke sdcard agan (janngan bikin folder baru)
3. Install busybox.apk+terminal emulator
4. Masuk Terminal Emulator ketik su
5. Pilih allow
6. Jka berhasil maka tnda $ berubah jdi #
7. Ketik cd sdcard/aais
8. Ketik sh install.sh
9. Maka muncul banyak pilihan dan pilih 0 utk install xrecovery
10. Setelah berhasil hh agan akan otomatis reboot. Pas tulisan Sony Ericsson keluar pencet dah tuh backkey....

Setelah agan bisa masuk ke xrecovery, lakukan langkah berikut ini :
- tombol volume disamping, untuk menaik-turunkan pilihan.
- tombol kotak ditengah2, untuk memilih pilihan.
- tombol back, untuk kembali ke menu sebelumnya

pertama kali yang wajib dilakukan
1. pilih backup data gan!!!! Penting and wajib!
2. Kalo udah, reboot hp agan. Biarkan masuk normal mode.
3. Konek ke laptop or komputer, copy folder xrecovery ke komputer! Sebagai backup os agan.
4. Finish.

- cwm recovery :

Pasti agan-agan bingung bedanya kedua recovery tersebut. Letak perbedaannya pada scriptnya, cwm recovery punya menu yang lebih lengkap dari xrecovery. Dan menurut ane di rom-rom yang dipake Robyn selanjutnya akan menggunakan recovery ini.

Caranya :
1. Pastinya udah di-root dan ada xrecovery
2. Download cwm recovery disini, trus taro aja di sdcard agan.
3. Masuk ke xrecovery, trus BACKUP (takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan)
4. Install custom.zip (file yang agan taro di sdcard tadi)
5. Reboot
6. Masuk ke cwm dengan cara yang sama waktu masuk ke xrecovery (tekan tombol back saat logo Sony Ericsson warna putih muncul. -Selesai-

5. ROM

Sebelum agan memulai custom rom, perlu agan ketahui bunyi slogan yang sangat populer di kalangan Android user yang suka ngoprek-oprek : " DO WITH YOUR OWN RISK", artinya "SEMUA RESIKO TANGGUNG SENDIRI".

Kalo agan baru pertama kali ngoprek, agan custom rom ke 2.2 a.k.a Froyo dolo!!!
Caranya ??? Beeeuhhh.... Oke, ane pandu agan naekin ke Froyo.
Sebelum meluncur, agan KUDU, MESTI, WAJIB dan HARUS backup, sebelum nyoba custom ROM.

- ROM 2.2 a.k.a FROYO


Untuk urusan ROM kita gunakan 2 ROM yang berbeda, CyanogenMod6 dan MiniCM6.
Terserah agan mau make ROM yang mana aja.

Nah, untuk CyanogenMod6, berikut langkah-langkahnya :

1. Download ROM-nya disini
2. Copy file yang agan download tadi ke sdcard
3. Reboot trus masuk ke cwm recovery
4. Install custom.zip
5. Pilih "Choose custom zip from sdcard"
6. Pilih "Srom-FroyoMiui-v2"
7. Tekan "Yes"
8. Trus pilih "Factory Rest (Full Wipe)"
9. Reboot hh agan
10. BERHASIL !!!!

Untuk instalasi MiniCM6, berikut langkah-langkahnya :

1. Download MiniCM6 disini
2. Copy file yg di download tadi ke sdcard
3. Reboot trus masuk ke cwm recovery
4. Pilih 'wipe data/factory reset'
5. Pilih "install custom zip"
6.
Pilih "Choose custom zip from sdcard"
7. Pilih "MiniCM6-1.0.2.zip"
8. Reboot hh agan
9. BERHASIL !!!!

Sekarang agan udah berhasil naekin ke Froyo. Selamat ya gan?
Pastinya sekarang agan pengen nyobain ke 2.3 a.k.a Gingerbread khan ???
Hahahahaha.....
Siap gan, ane bantu agan ke Gingerbread.

- 2.3 a.ka. Gingerbread

Selama ane make ROM Gingerbread, ane nyobain 2 ROM yang berbeda-beda, GingerDX dan MiniCM7. Satu persatu bakal ane bahas disini.
Sekali lagi ane ingatkan untuk selalu BACKUP sebelum melakukan custom ROM !!!!!!
"lebih baik mencegah daripada mengobati" *asik sedap*

Kita coba yang GingerDX dolo ya gan? Ini step-stepnya :
1. Download bahannya disini
2. Copy yang agan download tadi ke sdcard agan
3. Reboot hh agan terus masuk ke xRecovery
4. Install custom.zip yang agan copy tadi ke sdcard
5. Factory reset/full wipe
6. Reboot hh agan
7. DONE !!!!!

Sekarang kita coba ROM yang lain, MiniCM7. Berikut step-stepnya :
1. Download bahannya disini, trus download Google Apps disini
2. Copy kedua-duanya ke hh agan
3. Reboot hh agan trus masuk ke CWM Recovery
4. Pilih 'wipe data/factory reset'
5. Pilih
'apply update from sdcard'
6. Flash 'Google Apps for CM7. zip'
7. Kalo udah selesai, sekarang agan flash lagi ke 'install zip from sdcard' (instal zip = yang agan download pertama tadi. namanya "MiniCM7-2.0.7.zip)
8. Reboot hh agan
9. Pada reboot yang pertama kali, agan pilih CM Settings --> System --> Update notifications and select 'Register'. Disitu agan bakalan dapet notifikasi dari CM7 versi terbaru.
10. DONE !!!!!

Selamat, sekarang Robyn agan udah di upgrade ke Gingerbread 2.3.5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar